Sumbing Bibir Langit-Langit

Tidak jarang kita temukan teman, sanak saudara maupun kerabat dengan keadaan sumbing ataupun terdapat bekas luka operasi sumbing pada bibir. Dalam banyak budaya di dunia, keadaan tersebut dianggap mewakili salah satu tanda jahat dan dianggap sebagai aib sehingga menyebabkan malu untuk mencari pertolongan. Perlu digaris bawahi bahwa sumbing tidak ada kaitannya dengan hal-hal yang berbau mistis sama sekali.

Sumbing (bibir langit-langit) adalah terdapatnya celah pada bibir atas yang sering disertai celah langit-langit. Sumbing (bibir langi-langit) merupakan sebuah efek yang terjadi akibat penyatuan jaringan bibir ataupun langit-langit mulut yang tidak sempurna pada masa kehamilan (3-8 minggu usia kehamilan) sehingga menghasilkan celah. Angka kejadian pada etnis Asia sebanyak 2,1 dalam 1000 kelahiran.

 

Penyebab Sumbing Bibir Langit-langit

 

Sumbing (bibir langit-langit) dapat disebabkan oleh faktor genetik dan lingkungan. Berikut adalah faktor resiko penyebab sumbing (bibir langit-langit):

1.      Riwayat penyakit keluarga (jenis penyakit sindrom tertentu)

2.      Etnis Asia lebih besar kemungkinan terkena sumbing dibandingkan dengan etnis kaukasia (bule)

3.      Laki-laki memiliki resiko 2 kali lebih besar dibandingkan wanita

4.      Usia ibu lebih dari 30 tahun saat mengandung

5.      Riwayat sumbing (bibir langit-langit) pada keluarga

6.      Paparan zat tertentu saat kehamilan (rokok, alkohol, obat-obat tertentu seperti contohnya obat epilepsy)

7.      Kekurangan zat tertentu (vit B6, asam folat, zat besi)

 

Jenis-jenis Sumbing Bibir Langit-langit

 

1.      Sumbing Bibir Unilateral

Celah pada bibir yang terletak hanya pada salah satu sisi kanan atau kiri. Terdapat 3 jenis; sumbing bibir takik kecil, sumbing bibir tidak komplit dan sumbing bibir komplit yang memiliki celah sampai terputusnya jaringan pada dasar lubang hidung.

 

 

 

 

 

2.      Sumbing Bibir Bilateral

Celah pada bibir yang terletak pada kedua sisi kanan dan kiri. Terdapat 3 jenis; sumbing bibir tidak komplit, sumbing bibir komplit yang memiliki celah sampai terputusnya jaringan pada dasar lubang hidung dan kombinasi.

 

  

 

3.      Sumbing Langit-langit

Terdapat celah pada langit-langit. Memiliki banyak jenis diantaranya satu sisi, dua sisi, komplit ataupun tidak komplit

 

  

 

 

Asupan Makanan

 

Orang tua yang mengatakan tidak dapat menyusui anaknya yang sumbing dan pendapat yang menyatakan bahwa bayi penderita sumbing tidak dapat menyusu sehingga harus dipasang selang untuk asupan makanannya adalah tidak benar.

Bayi dengan celah bibir saja dapat langsung menyusu, bayi dengan celah langit-langit akan lebih mengalami kesukaran.

 

Bagaimana cara memberi susu pada bayi sumbing?

  1. Posisi bayi duduk/setengah duduk agar bayi tidak tersedak
  2. Puting susu dimasukkan sedalam mungkin melewati celah sampai mendekati tenggorokkan
  3. Bila tidak berhasil, pergunakan dot khusus sumbing (bentuk panjang dengan lubang dibawah/lubang besar)
  4. Dapat mempergunakan sendok, disarankan dengan sendok plastik bayi agar lebih aman dan tidak menusuk langit-langit bayi
  5. Bila tersedak atau telah selesai menyusui, posisikan bayi tegak, kepala diletakkan melewati bahu ibu dan perlahan punggung bayi ditepuk-tepuk

 

Kegiatan pemberian asupan makanan dapat membuat bayi sumbing lebih cepat lelah, berikan asupan dalam porsi kecil tetapi sering.

 

Penatalaksanaan Sumbing Bibir Langit-langit

Penatalaksanaan sumbing bibir langit-langit hanya dapat dilakukan dengan cara operasi. Sebagian besar penderita sumbing bibir langit-langit memiliki lebih dari satu diagnosa kombinasi dan tidak sedikit diantaranya disertai dengan kelainan lain selain dari adanya celah bibir dan langit-langit. Operasi sumbing bibir langit-langit memiliki tahapan yang cukup kompleks untuk penderita yang memiliki lebih dari satu diagnosa, maka diperlukan perhatian lebih, kesabaran, kesiapan mental dan finansial dari orang tua penderita untuk penatalaksanaan sumbing bibir langit-langit. Disarankan untuk memiliki jaminan atau asuransi bagi penderita sumbing bibir langit-langit.

 

Berikut adalah tahapan-tahapan penatalaksanaan sumbing bibir langit-langit

 

Umur 0 – 3 bulan    

Penjelasan tentang cara pemberian asupan makanan

Penjelasan tentang sumbing dan persiapan operasi (usia 10 minggu/3 bulan, berat minimal 10 pounds/5 kg, Hb minimal 10 gr%)

Penggunaan plester bibir/alat pada langit-langit

 

Umur 3 bulan          

Operasi sumbing bibir

Operasi ujung hidung

 

Umur 10-12 bulan  

Operasi sumbing langit-langit

 

Umur 1 tahun

Terapi wicara dimulai 1 – 3 bulan setelah operasi sumbing langit-langit

 

Umur 3-4 tahun  

Operasi pemanjangan langit-langit, pharynx

Operasi perbaikan bekas luka sumbing bibir

 

Umur 7 – 9 tahun

Operasi gusi

 

Dewasa

Operasi tulang-tulang muka

 

Tahapan penatalaksanaan dapat berubah sesuai dengan kondisi masing-masing yang telah dievaluasi oleh dokter.

 

Untuk penderita sumbing (bibir langit-langit) yang datang dengan tujuan perbaikan celah ketika usia sudah melebihi batas usia optimal, keberhasilan operasi hanya untuk mencapai tujuan keindahan bentuk atau estetis saja, sedangkan fungsi perbaikan pengucapan seperti lafal huruf dan kata-kata serta suara sengau tidak akan terdapat perbaikan yang cukup besar.

Apabila anda melihat seseorang, teman, sanak saudara maupun kerabat yang menderita sumbing (bibir langit-langit), saran terbaik adalah mencari pertolongan ke layanan kesehatan sedini mungkin.