FAQ
RSD Mangusada telah membuka layanan pendaftaran online rawat jalan guna mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Pengunjung dapat mendaftar berobat secara online dengan download Aplikasi Mangusada Mobile di Google Play Store.
Reservasi bisa dilakukan minimal 1 minggu sebelum tanggal kunjungan sampai saat tanggal kunjungan sebelum jam 12.00 WITA
Jika Anda mendapatkan anjuran rawat inap oleh dokter, Anda dapat menyelesaikan administrasi pendaftaran rawat inap dan melakukan reservasi kamar secara langsung ke Admission kami di Gedung B Lantai 1, 1 Ruangan dengan Loket Pendaftaran IGD.
Dokumen yang Perlu Disiapkan
Untuk proses registrasi, mohon untuk membawa dokumen-dokumen berikut ini:
Barang-barang yang Perlu Dibawa saat Rawat Inap
Sebaiknya Anda hanya membawa barang-barang yang dibutuhkan, seperti baju tidur dan peralatan mandi. Jangan membawa uang dalam jumlah besar, perhiasan, dan barang-barang berharga lainnya. Pihak rumah sakit tidak bertanggung jawab bila terjadi kehilangan atau kerusakan barang-barang yang berada dalam pengawasan pribadi Anda.
Beberapa tips untuk menjaga keamanan barang-barang pribadi Anda:
Reservasi kamar merupakan prioritas di dalam pemenuhan permintaan kamar namun bukan sebagai jaminan ketersediaan kamar yang diinginkan. Kami akan berusaha untuk menyediakan kamar untuk perawatan yang Anda lakukan, namun kami tidak dapat sepenuhnya memastikan tersedianya kamar tertentu pada hari kedatangan Anda. Pasien dengan jadwal/ rencana untuk operasi dianjurkan untuk dirawat sehari sebelumnya.
RSD Mangusada memiliki jenis kamar reguler dan paviliun. Untuk jenis kamar reguler terdiri dari jenis kamar kelas II dan III yang terdiri dari ruang Margapati, Cilinaya, Janger, Oleg, dan Kecak. Dan untuk kamar Paviliun terdiri dari kelas VIP, VVIP, dan Super VIP.
Selama Anda dirawat di RSD Mangusada Anda akan mendapatkan:
Gelang Tanda Pengenal
Anda akan diberikan gelang tanda pengenal dengan nama lengkap, tanggal lahir, dan nomor rekam medik Anda. Mohon pastikan bahwa informasi yang tertera adalah benar. Dilarang melepaskan gelang tanda pengenal hingga waktu kepulangan Anda dari rumah sakit. Jika gelang tanda pengenal terlepas, segera hubungi perawat untuk medapatkan gelang baru.
Tim Perawatan Kesehatan Anda
Selama masa perawatan Anda di RSD Mangusada, Anda akan memiliki tim kesehatan yang terdiri dari dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnnya yang diperlukan seperti ahli gizi, fisioterapis, ahli farmasi dsb.
Anda dapat bertanya kepada dokter spesialis yang merawat Anda akan gambaran menyeluruh mengenai kondisi kesehatan Anda. Bila karena alasan kesehatan dan keterbatasan komunikasi, Anda dapat menunjuk seseorang sebagai wakil Anda untuk berkomunikasi dengan dokter dan staf rumah sakit.
Perawat
Perawat membantu mengkomunikasikan kebutuhan Anda ke anggota tim perawatan kesehatan Anda. Perawat melihat keadaan Anda, merencanakan, dan menilai perawatan sehari-hari Anda, menyiapkan dan memberikan obat-obatan, cairan infus, dan melakukan perawatan sesuai tanggung jawabnya. Mereka memberikan informasi dan edukasi sesuai kondisi kesehatan Anda dan bagaimana cara untuk melanjutkan pengobatan setelah pemulangan Anda dari rumah sakit. Mereka bertanggung jawab untuk melihat tanda vital Anda, merawat kebersihan pribadi Anda, dan membantu untuk memastikan bahwa Anda nyaman selama masa perawatan Anda.
Ahli Farmasi
Ahli Farmasi adalah ahli yang bekerja sama dengan dokter dan perawat untuk memastikan pasien menerima manfaat penuh dari obat-obatan yang ada. Di samping mempersiapkan obat-obatan menggunakan teknologi terkini, mereka juga memonitor pengobatan Anda untuk melihat efektifitasnya dan membantu menghindari efek samping, alergi, dan efek yang mungkin didapat dari makanan dan obat.
Ahli Gizi
Tim ahli gizi klinis rumah sakit bekerja sama dengan dokter, perawat, dan anggota lain tim perawatan kesehatan Anda untuk menyediakan informasi dan asuhan nutrisi. Melalui menu makanan yang variatif, mereka akan berkerja sama dengan Anda untuk mengakomodasi kebutuhan spesifik Anda.
Dilarang Merokok
Sesuai ketentuan Pemerintah, rumah sakit adalah area bebas rokok. Untuk melindungi kesehatan pasien kami; pasien, pengunjung dan staf dilarang merokok di seluruh area rumah sakit.
Makanan dan Minuman
Pasien akan mendapatkan makanan dan minuman sesuai kondisi pasien dan ketentuan rumah sakit. Pasien tidak diperkenankan membawa/ makan makanan yang dibawa dari luar rumah sakit kecuali seizin dokter atau ahli gizi.
Untuk fasilitas Paviliun makanan akan disajikan pada:
Sarapan Pagi |
Pukul 07.00 – 08.00 WITA |
Snack pagi |
Pukul 10.00 – 10.30 WITA |
Makan siang |
Pukul 12.00 – 13.00 WITA |
Snack sore |
Pukul 15.00 – 15.30 WITA |
Makan malam |
Pukul 17.00 – 18.00 WITA |
Layanan Telepon
RSUD Badung Mangusada
Izin pulang rawat harus dari dokter yang merawat pasien Anda. Bila karena alasan medis dokter belum mengizinkan pulang dan Anda tetap ingin pulang, maka Anda harus menandatangani form Formulir Permintaan Pulang Sendiri.
Pastikan Anda mempunyai informasi yang jelas mengenai:
Saat hari Anda selesai dirawat :
Beberapa hal berikut ini perlu dipersiapkan saat konsultasi rawat jalan Anda:
Jaminan Kesehatan
Jika Anda adalah pengguna jaminan kesehatan maka pembayaran dengan menggunakan jaminan kesehatan baik itu JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) atau KBS (Kartu Badung Sehat) dapat dipergunakan di poliklinik atau rawat inap reguler kami. Namun untuk poliklinik dan rawat inap Paviliun kami hanya berlaku untuk Anda yang menggunakan JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) dan Umum saja.
Asuransi atau Garansi Perusahaan
Pembayaran oleh asuransi atau perusahaan diterima apabila Anda memiliki asuransi kesehatan , namun hanya bagi Anda yang menggunakan asuransi kesehatan secara reimburst saja. Hal ini dikarenakan saat ini kami belum memiliki kerjasama dengan instansi/ asuransi kesehatan. Sebaiknya Anda menghubungi asuransi atau perusahaan Anda untuk mengetahui prosedur dan manfaat yang Anda miliki sehingga untuk penyelesaian asuransi dapat dilakukan pada saat pasien check-out/ pulang rawat.
Estimasi Biaya
Ketika Anda memiliki rencana operasi/ pembedahan/ menjalani prosedur medis tertentu, Anda dapat menanyakan estimasi biaya tersebut. Estimasi biaya mungkin dapat tidak sesuai dengan biaya sebenarnya, tergantung pada kesulitan, komplikasi, atau kondisi tidak terduga, yang terjadi selama operasi/ pembedahan/ prosedur medis tersebut.