MENGENAL KATARAK : Apa dan Bagaimana Penanganannya?

Apa yang dimaksud dengan katarak ?

Katarak adalah kekeruhan yang terjadi pada lensa mata. Katarak merupakan penyebab kebutaan terbanyak di dunia dan penyebab terbanyak hilangnya penglihatan pada usia diatas 40 tahun.

Mata bekerja dengan cara yang sama seperti kamera. Pupil sama seperti apertur kamera, mengatur jumlah cahaya yang memasuki mata. Kornea adalah jendela bening mata yang membantu memfokuskan cahaya. Lensa berada di belakang pupil yang juga berfungsi memfokuskan cahaya. Lensa alami berwarna bening seperti gelas. Bagian mata yang sensitif terhadap cahaya disebut retina, yaitu lapisan tipis di bagian belakang mata, dan bekerja seperti film pada kamera. Gambar diambil saat cahaya mengenai retina dan pesan gambar tersebut dikirim melalui saraf optik menuju otak sehingga kita dapat melihat dan memahami gambar sebuah benda. Katarak dapat disamakan dengan lensa kamera yang kotor.

Apa penyebab terbentuknya katarak ?

Penuaan adalah penyebab terbanyak terjadinya katarak. Katarak dapat merupakan kelainan bawaan yang ditemukan pada bayi dan anak-anak. Trauma pada mata dan beberapa jenis obat dapat menyebabkan terbentuknya katarak. Masalah kesehatan lain, seperti diabetes, juga berkaitan dengan terbentuknya katarak, bahkan pada usia lebih muda. Tindakan bedah mata sebelumnya dan penyakit mata lainnya dapat juga mengakibatkan terbentuknya katarak. Kecepatan pembentukan katarak tidak bisa diperkirakan. Katarak yang disebabkan penuaan biasanya berkembang perlahan tahun demi tahun, yang lain mungkin berkembang dengan cepat dalam beberapa bulan bahkan beberapa jam.

Bagaimana pengaruh katarak terhadap penglihatan ?

Katarak mengakibatkan menurunnya fungsi penglihatan, salah satunya adalah pandangan seperti berkabut atau kesulitan melihat pada jarak jauh seperti melihat rambu lalu lintas saat mengemudi. Beberapa jenis katarak mengakibatkan keluhan silau. Penglihatan menjadi semakin buruk saat cahaya terang, sehingga terjadi kesulitan saat berkendara malam. Katarak juga bisa memberikan keluhan penglihatan double. Penderita katarak mungkin mengeluhkan penggantian kacamata yang lebih cepat.

  

 

 

Bagaimana katarak diobati ?

Sampai saat ini belum ditemukan obat-obatan yang dapat menyembuhkan katarak. Operasi merupakan satu-satunya cara untuk menghilangkan katarak. Seringkali terjadi salah pengertian bahwa jika pasien sudah terdiagnosa katarak maka harus segera dioperasi. Operasi baru dikerjakan jika katarak mengakibatkan gangguan penglihatan dalam melakukan aktivitas sehari-hari, seperti gangguan dalam pekerjaan, berkendara, melakukan hobi, membaca, atau menonton televisi.

Operasi katarak secara umum adalah sangat amam, tetapi bukan tanpa komplikasi. Beberapa pasien mungkin memerlukan operasi kedua. Kembalinya penglihatan setelah operasi katarak tergantung pada banyak faktor termasuk kesehatan mata anda sendiri. Pemulihan penglihatansetelah operasi katarak sangat bervariasi. Beberapa pasien dapat melihat dengan sangat jelas dalam beberapa hari, yang lain mungkin memerlukan waktu beberapa minggu. Penggantian kacamata biasanya dilakukan beberapa minggu setelah operasi. Sebagian besar pasien akan tetap memerlukan kacamata setelah operasi, terutama untuk membaca.    

Apa yang bisa dilakukan untuk melindungi mata ?

Menggunakan sunglasses dan topi yang cukup lebar dapat melindungi mata terhadap paparan sinar ultraviolet sehingga diharapkan dapat menghambat terbentuknya katarak. WHO juga merekomendasikan untuk menghentikan kebiasaan merokok. Peran antioksidan dalam menghambat terbentuknya katarak masih menjadi perdebatan, tetapi makan makanan yang mengandung antioksidan tinggi dapat membantu menjaga kesehatan mata. Lakukan pemeriksaan mata secara berkala jika anda menderita katarak dan diskusikan dengan dokter kapan sebaiknya anda menjalani operasi katarak.

Mata adalah jendela dunia. Jagalah mata anda untuk kualitas hidup yang lebih baik.

 

Oleh: dr. Ni Nyoman Triharpini, Sp. M  (Dokter Spesialis Mata RSUD Kab. Badung Mangusada)