RSD Mangusada Selenggarakan Workshop PMKP SNARS Edisi 1

 

Jumat, 17 Mei 2019 bertempat di Ruang Pertemuan Kriya Usada RSD Mangusada Kabupaten Badung, Workshop Peningkatan Mutu Keselamatan Pasien (PMKP) dalam Standar Nasional Akreditasi RS (SNARS) Edisi 1 Internal RSD Mangusada diselenggarai.

Acara ini dibuka oleh Direktur RSD Mangusada dr. I Nyoman Gunarta, MPH dengan pemberian materi Overview PMKP di RSD Mangusada. Mutu dan keselamatan sejatinya berakar dari pekerjaan sehari-hari dari seluruh staf di unit pelayanan, seperti staf klinis melakukan asessment kebutuhan pasien dan memberikan pelayanan. Standar PMKP ini membantu mereka untuk memahami bagaimana melakukan peningkatan nyata dalam memberikan asuhan pasien dan menurunkan risiko. Demikian pula staf nonklinis dapat memasukkan standar dalam pekerjaan sehari-hari mereka untuk memahami bagaimana suatu proses dapat lebih efisien, sumber daya dapat digunakan dengan lebih bijaksana, dan risiko fisik dapat dikurangi.

Setelah penyampaian materi pembuka oleh Direktur Nyoman Gunarta, penyampaian materi dilanjutkan oleh Kepala Bidang Pelayanan RSD Mangusada mengenai Overview Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien dalam SNARS Edisi 1, kemudian dilanjutkan oleh Kepala SPI RSD Mangusada Sang Ketut Arta, SKM, M.Kes terkait Metode Pengumpulan, analisa, validasi, interpretasi data dan analisa data, I Kade Agus Sartika Susila, AMK dengan materi Budaya Keselamatan Pasien dan Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien. Materi penutup pada Workshop PMKP SNARS Edisi 1 disampaikan oleh Ns. Ananda Agus Kresnahadi, S.Kep., MH.Kes mengenai Overview Root Cause Analysis (RCA) dan Failure Mode Effect and Analysis (FMEA).

Workshop PMKP SNARS Edisi 1 diselenggarakan selama 1 (satu) hari, diikuti seluruh PIC Unit data mutu RSD Mangusada sejumlah 70 orang peserta. (ar/ab/aw).