Survei Simulasi Akreditasi SNARS Edisi 1 oleh KARS

Hari ini (15/07) Tim Surveior KARS yang diketuai oleh dr. Suriah Tjegge, MHA melakukan Survei Simulasi (Sursim) Akreditasi SNARS Edisi 1 di RSD Mangusada Kabupaten Badung. Tim Surveior diterima langsung oleh Direktur RSD Mangusada dr. I Nyoman Gunarta, MPH beserta jajaran. Turut hadir pada kesempatan tersebut Kadis. Kesehatan Badung dr. I Gede Putra Suteja, Dewan Pengawas RSD Mangusada dr. Pande Sri Joni, M.Kes, Ketua Akreditasi RSD Mangusada dr. I Wayan Sindhu, Sp.B, Pejabat di Lingkungan RSD Mangusada serta Ketua, Sekretaris dan Anggota masing -  masing Pokja Akreditasi RSD Mangusada.

Dalam sambutannya, Direktur Gunarta menegaskan RSD Mangusada harus mampu menjadi Insitusi Pelayanan Kesehatan yang “Adaktif” terhadap perubahan – perubahan peraturan di dunia Kesehatan. Menjadi institusi yang “Produktif” dengan mempertahankan mutu pelayanan. Menjadi Institusi Kesehatan yang Inovatif, melahirkan inovasi – inovasi dari Civitas Hospitalia demi kemajuan dan pengembangan RSD Mangusada, sehingga RSD Mangusada mampu menjadi rumah sakit yang “Kompetitif”, bertahan mengikuti perubahan – perubahan peraturan namun tetap mempertahankan mutu pelayanan yang paripurna. Pada Sursim Akreditasi SNARS Edisi 1 ini, Nyoman Gunarta menekankan kepada seluruh Civitas Hospitalia untuk belajar sebanyak – banyaknya terutama jika ada beberapa dokumen yang belum sesuai SNARS, sehingga mutu pelayanan tetap terjaga.

“Ini memang Survei Simulasi, namun hadapilah survei ini layaknya survei Akreditasi SNARS sebenarnya” tegas dr. Suriah Tjegge, MHA dalam sambutannya. Beliau juga selalu mengharapkan agar seluruh Civitas Hospitalia menjadikan akreditasi mudah dan menyenangkan. Apresiasi juga diberikan kepada RSD Mangusada terkait adanya landasan Helikopter di Rumah Sakit Daerah.

Agenda Kegiatan Sursim Akreditasi SNARS Edisi 1 meliputi telaah dokumen, telusur lapangan, wawancara Pejabat Struktural RSD Mangusada, Kepala Instansi bersama peserta didik yang sudah melakukan kerjasama dengan RSD Mangusada serta Simulasi Code Red dan Code Blue. Kegiatan Sursim ini disurvei oleh 4 (empat) surveior, yaitu dr. Suriah Tjegge, MHA yang membidangi Pokja PKPO, PMKP, TKRS, MFK, dan KKS, dr. Syamsul Bachri, Sp.OG (K), PhD dan dr. Ida Winarti Retno Daradjati, Sp.OG yang membidangi Pokja ARK, AP, PAP, PAB, ProgNas, dan Integrasi Pendidikan Kesehatan dalam Pelayanan RS, serta Rasdiana Zega, SKp, M.Kep yang membidangi Pokja SKP, HPK, MKE, PPI, MIRM.

Sursim Akreditasi SNARS Edisi 1 dilaksanakan selama 4 (empat) hari yaitu mulai 15 – 18 Juli 2019.

(ar/gm/aw)