Kunjungan koordinasi dan sosialisasi program kerjasama Kementerian Sosial RI dan AIDS Healthcare Foundation(AHF)

Hari ini, Senin 21 Desember 2020 telah berlangsung kunjungan koordinasi dan sosialisasi program kerjasama Kementerian Sosial RI dan AIDS Healthcare Foundation(AHF) Kabupaten Badung dan Kota Denpasar di RSD Mangusada Kabupaten Badung.

Kunjungan ini diterima oleh Kasie Pelayanan Rawat Jalan dan Gawat Darurat dr. A.A. Ngr. Ag. Ekaprasta, MM mewakili Direktur RSD Mangusada. Dalam kesempatan ini Ibu Eli Pujiastuti, SS, MDS dari Kementerian Sosial menyampaikan sosialisasi program rencana kerjasama Kementerian Sosial dan AIDS Healthcare Foundation (AHF) Kabupaten Badung dan Kota Denpasar sebagai mitra dari pusat untuk mengantarkan kerjasama antar daerah. Mou Kemensos dan AHF telah ditandatangani sejak 22 Juli 2020 dan akan berlanjut sampai 3 tahun ke depan. Tujuan dari kerjasama ini adalah untuk mendukung akses pelayanan kesehatan di RSD Mangusada dalam melayani pasien HIV AIDS dan rehabilitasi sosial pasien HIV AIDS.

Direktorat teknis Kementerian Sosial Ibu Ilyana Desiana, M.Si menyatakan bahwa kerjasama dari pusat akan diteruskan ke daerah dan dilaksanakan setiap tahun.

Disampaikan pula oleh Bapak Bagus Ardi Satia W. dari Dinas Sosial Badung bahwa program kerjasama ini pertama kali dilaksanakan dengan memilih RSD Mangusada sebagai inisiator program yang diharapkan menjadi satu contoh rumah sakit bahkan sebagai centre penerima pasien HIV AIDS dan rehabilitasi sosial HIV AIDS kedepannya".

Turut hadir dalam acara ini dr. Dwiguna Antara selaku Ketua Klinik VCT,
Ns. I Ketut Buanayasa, S.Kep Konselor VCT, Ns. Ananda Agus Kresnahadi, S.Kep., M.Hum dan Ibu Ni Luh Putu Lely Karnia Dewi dari Komite Etik dan Hukum RSD Mangusada, staf klinik VCT RSD Mangusada, staf Dinas Kesehatan Badung dan staf Dinas sosial Badung.

(as/ds/sw/pw)