Tingkatkan Pelayanan Publik, RSUD Badung Mangusada dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab Badung Menandatangani MOU tentang Pembuatan Akta Kelahiran

Sebagai langkah nyata dari Pemda Kabupaten Badung menuju Smart City serta untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas pelayanan publik terutama layanan online sistem, hari ini (20/9) bertempat di Ruang Pertemuan Kriya Usada, dilakukan penandatanganan MOU antara RSUD Badung Mangusada dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Badung tentang Pelayanan Pembuatan Akte Kelahiran Bagi Pasien yang Melahirkan di RSUD Badung Mangusada. Acara penandatanganan MOU antara Direktur RSUD Badung Mangusada dr. Agus Bintang Suryadhi, M.Kes dengan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Nyoman Soka, S.Sos.,M.Si ini disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Badung Drs. I Ketut Suiasa, SH serta pejabat di lingkungan RSUD Badung Mangusada.

Wabup Suiasa dalam arahannya menyebutkan bahwa tujuan dari penandatanganan MOU ini untuk mensinergikan teknologi informasi dengan pelayanan publik terkait dengan layanan online sistem dalam hal pembuatan akta kelahiran sekaligus perubahan Kartu KK bagi orang tua bayi yang melahirkan di RSUD Badung Mangusada. Kedepannya, masyarakat tidak perlu lagi mengurus surat-surat seperti pembuatan LAMPID (Lahir, Mati, Pindah dan Datang) ke Disdukcapil, cukup di Kelurahan ataupun Kepala Desa. Hal ini karena sistem online yang diterapkan sudah terkoneksi langsung ke Kantor Camat, Disdukcapil bahkan sampai ke Pusat (Jakarta). Untuk proses pembuatan akta kelahiran, Wabup Suiasa mengatakan tidak membutuhkan waktu yang lama, bahkan akta kelahiran bisa terbit dalam waktu sehari dengan catatan orang tua bayi sudah menyiapkan nama bagi bayinya.

Dalam acara tersebut juga diselipi dengan penyerahan piagam dan plakat dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa kepada RSUD Badung Mangusada dan Yayasan Hayandra Peduli, Jakarta terkait dengan kegiatan bakti sosial dalam Program Berbagi Senyuman Operasi Gratis Sumbing Bibir dan Sumbing Langit-langit yang telah dilaksanakan pada hari Senin, 19 September 2016 (kemarin) di Ruang Operasi Paviliun Mangusada. Kegiatan operasi tersebut merupakan bentuk kerjasama Dinas Kesehatan Provinsi Bali dengan Yayasan Hayandra Peduli, Universitas Warmadewa serta RSUD Badung Mangusada. Penyerahan piagam dan plakat diserahkan oleh Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa dr. Gusti Ngurah Anom Mhurdana kepada Wakil Bupati Badung dan dr. Karina F. Moegni, Sp.BP-RE selaku Ketua dan Pendiri Yayasan Hayandra Peduli. (gm/ah/ep)