Kunjungan Tim Radioterapi RSUPN Cipto Mangunkusumo (RSCM) di RSUD Mangusada

Meningkatnya jumlah pasien kanker menyebabkan perlunya perhatian terhadap penyakit tersebut. Penanganan medis melalui radioterapi merupakan salah satu cara yang diterapkan dalam mengatasi penyakit kanker.

Perkembangan radioterapi di Indonesia belum merata walaupun sudah banyak alat radioterapi di Indonesia namun masih ada wilayah yang belum memiliki alat tersebut di fasilitas kesehatannya. Penanganan melalui radioterapi merupakan upaya yang dilakukan dalam menangani kanker yaitu menyelamatkan jaringan sehat dari kanker sehingga keberhasilan pengobatan adalah dengan berupaya meminimalisir resiko.

Terkait dalam pengembangan pelayanan kanker terpadu di RSUD Mangusada, Kepala Departemen Radioterapi RSUPN Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, Prof. DR. dr. Soehartati A. Gondhowiardjo, Sp.Rad (K) Onk.Rad, yang datang bersama dengan jajarannya ke RSUD Mangusada pada Rabu (22/03), memberikan informasi keseluruhan mengenai radioterapi termasuk di antaranya adalah konsep dan biaya pengadaan radioterapi center. Direktur RSUD Mangusada, dr. I Nyoman Gunarta, MPH, beserta jajaran manajemen menyambut baik kedatangan tim tersebut.

Menurut Prof. DR. dr. Soehartati, perkembangan radioterapi di Bali akan mengundang Medical Tourism untuk Indonesia Timur dan ini menjadikan Badung juga berpeluang untuk melayani kabupaten sekitar. Dengan adanya rencana pengembangan pelayanan kanker terpadu di RSUD Mangusada ini  akan membawa warna baru dalam pengembangan fasilitas kesehatan di Bali, Kabupaten Badung khususnya, dalam memberikan pelayanan kesehatan yang memadai untuk masyarakat. Semoga. (ad/ad/jp)