Kunjungan Lapangan Review Manajemen Obat Dari Tim Deutsche Gesellschaft Fur Internationale Zusammenarbeit (GIZ) Bekerjasama Dengan Tim CHR Universitas Indonesia (Lembaga Riset UI)

Tim Deutsche Gesellschaft Fur Internationale Zusammenarbeit (GIZ) bekerjasama dengan Tim CHR Universitas Indonesia (Lembaga Riset UI) berkunjung ke RSUD Mangusada pada hari Selasa (23/05). Kedatangan tim yang diketuai oleh Dr.dr.Mahlil Ruby, M.Kes diterima langsung oleh Direktur RSUD Kabupaten Badung Mangusada, dr. I Nyoman Gunarta, MPH.

Kedatangan tim tersebut adalah dalam rangka melihat kinerja manajemen obat di lingkungan RSUD Mangusada. Kunjungan tersebut juga atas dasar hasil penelitian yang mereka telah lakukan dimana sebagian besar biaya  obat tidak tertutupisedangkan untuk biaya obat sebenarnya harus tertutupi secara universal untuk menyukseskan gerakan Universal Health Coverage (UHC). Namun pada kenyataannya hal tersebut belum bisa dilaksanakan secara maksimal, sehingga biaya obat yang semestinya bisa ditutupi belum dapat dilaksanakan dan obat harus beli.

Dalam kunjungan tersebut tim juga melakukan kunjungan ke lapangan ke fasilitas-fasilitas yang mendukung manajemen obat termasuk di antaranya melihat alur mulai dari penyimpanan hingga distribusi obat ke pasien. (ad/ds/jp)