CEGAH JAPANESE ENCEPHALITIS (JE) / RADANG OTAK DENGAN IMUNISASI JE

APA ITU PENYAKIT JAPANESE ENCEPHALITIS (JE) ?

JE adalah penyakit radang otak (ensefalitis) yang disebabkan oleh virus Japanese Encephalitis dan ditularkan oleh nyamuk. Virus JE merupakan penyebab utama ensefalitis virus di Asia.

BAGAIMANA CARA PENULARANNYA?

Manusia dapat tertular virus JE jika digigit oleh nyamuk Culex yang terinfeksi virus JE. Virus JE memerlukan hewan sebagai inang perantara seperti babi, kerbau dan beberapa jenis burung. Nyamuk Culex tersebut berkembang biak di tempat genangan air seperti sawah, kolam dan menggigit terutama pada malam hari.

APA RISIKO DAN BAHAYA PENYAKIT JE?

Sekitar 16-30% kasus JE dapat menyebabkan kematian. Kematian yang tinggi dapat terjadi pada anak, khususnya umur kurang dari 10 tahun. Bila bertahan hidup pun, anak sering kali mengalami gejala sisa berupa gangguan saraf. Sampai saat ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkan JE.

SEPERTI APA GEJALA PENYAKIT JE ?

Gejala JE pada umumnya akan muncul 4-14 hari setelah terjadinya infeksi. Gejala yang muncul dapat berupa :

·         Demam mendadak

·         Penurunan kesadaran

·         Sakit kepala

·         Kesulitan bicara, berjalan, ataupun gangguan motorik lainnya

·         Kejang (terutama pada anak)

 

BAGAIMANA CARA MENCEGAH JE ?

JE dapat dicegah dengan cara :

a.    Menghindari gigitan nyamuk :

·         Lakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN):

Pengaturan aliran saluran air/got/selokan tidak hanya di lingkungan pemukiman tetapi juga ditempat-tempat pemeliharaan ternak babi dan hewan besar lainnya.

·         PLUS :memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menggunakan obat anti nyamuk, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi, tidak menggantung pakaian di dalam kamar, menaburkan bubuk larvasida pada penampungan air.

b.    Memberikan imunisasi JE pada anak

 

APA ITU VAKSIN JE ?

Vaksin JEadalah vaksin yang digunakan untuk mencegah penyakit JE pada manusia. Vaksin tersebut telah mendapatkan rekomendasi dari badan kesehatan dunia (WHO). Vaksin ini efektif, aman, dan telah digunakan di lebih dari 12 negara

 

SIAPA SAJA YANG HARUS MENDAPATKAN IMUNISASI JE ?

Imunisasi JE diberikan pada anak umur 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun selama masa kampanye imunisasi JE. Selanjutnya imunisasi JE termasuk dalam jadwal imunisasi rutin dan diberikan pada anak umur 10 bulan.

 

APAKAH IMUNISASI JE MEMILIKI EFEK SIMPANG ?

Imunisasi JE amandan pada umumnya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) sangat jarang terjadi. Efek Simpang yang terjadi minimal dapat berupa nyeri, bengkak ringan dan kemerahan di lokasi suntikan. Dapat juga berupa demam ringan, muntah, menangis berlebihan, mengantuk, kehilangan nafsu makan dan rewel yang akanmenghilang dalam 2-3 hari.

 

“SEGERA BERIKAN IMUNISASI JE PADA ANAK UMUR 9 BULAN SAMPAI DENGAN UMUR KURANG DARI 15 TAHUN PADA BULAN MARET – APRIL 2018”