Sarasehan Keluarga Hemodialisis RSD Mangusada


 

Memperingati World Kidney Day Tahun 2019, RSD Mangusada selenggarakan Kegiatan Sarasehan Keluarga Hemodialisis (HD) RSD Mangusada pada hari Minggu, 31 Maret 2019 yang bertempat di Ruang Pertemuan Kertha Gosana Puspem Kabupaten Badung. Tahun ini tema yang diangkat yaitu “Kidney Health for Everyone and Everywhere”, untuk mengingatkan kepada masyarakat, dimanapun dan kapanpun bahwa betapa pentingnya kesehatan pada ginjal.

Kegiatan ini dibuka dengan ditandai pemukulan gong oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Badung, Ny. Seniasih Giri Prasta. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Korwil Pernefri Wilayah Bali, NTT dan NTB Prof. Dr. dr. Ketut Suwitra, Sp.PD-KGH, Kepala Dinas Kesehatan Badung dr. I Gede Putra Suteja, M.Kes, Wakil Ketua TP. PKK Badung, Ny. Kristiani Suiasa, Ketua Dharma Wanita Badung. Ny. Nesia Yoga Segara, Ketua WHDI Badung,  Ny. Isyudayani Widia Astika, Kepala Puskesmas Se-Badung, Pejabat Struktural RSD Mangusada serta penyandang HD dengan didampingi keluarga.

Dalam sambutannya, Prof. Suwitra menegaskan “Hilangkan Konotasi Pasien, karena Penyandang Hemodialisis adalah orang sehat yang bisa beraktifitas seperti orang lainnya. Beliau juga menekankan dalam hal ini dukungan keluarga sangat penting untuk menambah kualitas hidup yang baik bagi penyandang Hemodialisis. Kualitas hidup baik yang dimaksud adalah Sehat, Mandiri dan Produktif. Ketiga hal tersebut dapat dilakukan oleh Penyandang Hemodialisis jika ia memiliki semangat yang tinggi pula.

Selain dukungan dari keluarga, fasilitas kesehatan bagi penyandang Hemodialisis juga sangat perlu diperhatikan. Maka dengan itu, kedepannya di RSD Mangusada akan ada 47 mesin Reguler dan akan ada pula 2 (dua) mesin Hemodialisis untuk ditempatkan di Ruang ICU. Jadi dengan itu, pasien – pasien HD yang dirawat di ICU tidak perlu jauh – jauh ke Ruang HD untuk cuci darah, ujar Direktur RSD Mangusada dr. I Nyoman Gunarta, MPH dalam sambutannya.

Kegiatan yang diketuai oleh dr. I Putu Astriana Diama ini diikuti oleh 284 orang peserta dari Penyandang Hemodialisis yang menjalani HD reguler di Unit Hemodialisis RSD Mangusada beserta keluarga pendamping.

Dalam upaya memberikan pemahaman untuk tetap menjaga kualitas hidup dengan penatalaksanaan gizi yang baik, pada acara ini peserta diberikan informasi mengenai Hidup Berkualitas dengan HD Reguler oleh dr. I.B. Nyoman Mahendra, Sp.PD-KGH, FINASIM serta informasi mengenai Pengaturan Gizi Pada Penyandang Hemodialisis oleh dr. Putu Roseputri Bajirani, Sp.GK. Setelah pemaparan materi, dilanjutkan dengan acara Testimoni penyandang CAPD dan HD yang telah menjalani Transplantasi Ginjal sebanyak 3 (tiga) orang. Lontaran kompak dari ketiganya adalah “Saya Merasa Lahir Kembali”. Ketiganya menuturkan bahwa setelah menjalani transplantasi ginjal, mereka dapat menjalani hidup layaknya orang lainnya. Mereka dapat melanjutkan kuliah, lulus kuliah, serta bekerja ditempat yang mereka inginkan. Mereka juga memotivasi Penyandang Hemodialisis lainnya untuk tetap semangat, karena tidak ada yang tidak mungkin. Jika Tuhan memang memberikan kita untuk hidup bahagia, maka akan ada jalan menuju kebahagiaan tersebut.

Acara yang berlangsung selama 1 (satu) hari ini, ditutup dengan acara hiburan serta ramah tamah santap siang bersama. (ar/gm/aw)