Mangusada Peduli Anak dengan Ketulian Melalui Pemasangan Perdana Cochlear Implant

Rumah Sakit Daerah (RSD) Mangusada Kabupaten Badung melaksanakan Operasi Perdana Pemasangan Cochlear Implant pada anak dengan ketulian kongenital (kelainan bawaan atau cacat lahir), pada Sabtu, 08 Juni 2019 di Ruang Operasi Instalasi Bedah Sentral, RSD Mangusada Kab. Badung. Operasi ini merupakan operasi pertama di Kab. Badung bahkan di Bali.

Cochlear Implant adalah alat bantu dengar yang dipasang didalam rumah siput (cochlear). Fungsi dari alat tersebut adalah untuk merangsang syaraf pendengaran secara langsung dan menggantikan sebagian fungsi rumah siput dalam menangkap dan meneruskan gelombang suara ke otak.

Direktur RSD Mangusada dr. I Nyoman Gunarta, MPH mengatakan bahwa tindakan operasi pemasangan alat bantu dengar yang dilaksanakan serangkaian dengan HUT ke-17 RSD Mangusada ini, dilakukan oleh Tim KSM THT RSD Mangusada yang berkolaborasi dengan Tim THT RSUP Sanglah, Denpasar. Adapun sebagai operator adalah dr. Eka Putra Setiawan, Sp.THT-KL (K), dan dr. Nyoman Dian Permata Sari, Sp.THT-KL.

Dukungan Pemkab Badung terhadap kegiatan Mangusada Peduli Anak dengan Ketulian ini sangat besar. Pemkab melalui Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Badung, Ny. Seniasih Giri Prasta yang hadir langsung, guna memberikan support kepada keluarga pasien dan tim operasi. Turut hadir Wakil Ketua TP PKK Ny. Kristiani Suiasa dan Ny. Rasniati Adi Arnawa serta Ketua WHDI Ny. Isyudayani Widia Astika.

Melalui operasi perdana pemasangan Cochlear Implant ini diharapkan, anak-anak dengan ketulian kongenital dapat mendengar kembali serta menyiapkan generasi sehat bebas ketulian.