Bimbingan Standar Nasional Akreditasi RS Edisi 1 oleh Komisi Akreditasi RS

Senin, 10 Juni 2019 bertempat di Ruang Kriya Usada RSD Mangusada Kabupaten Badung, diselenggarakan Bimbingan Standar Nasional Akreditasi Edisi 1. Acara ini dibuka secara langsung oleh Direktur RSD Mangusada dr. I Nyoman Gunarta, MPH didampingi oleh Ketua Tim Akreditasi RSD Mangusada dr. I Wayan Sindu, Sp.B.  Turut hadir pada kesempatan tersebut seluruh Pejabat Struktural dan Fungsional di lingkungan RSD Mangusada Kabupaten Badung.

Dalam sambutannya, Direktur Gunarta menyampaikan persiapan akreditasi ini sudah kami lakukan sejak lama, jadi ini bukan merupakan persiapan spontanitas. Harapannya agar akreditasi ini  menjadi mudah dan menyenangkan, yang dapat menjadi budaya kerja sesuai standar dari KARS. Dalam kegiatan ini pula beliau menekankan kepada Tim Narasumber agar memberikan potret nyata bagaimana pelayanan sesuai SNARS, data-data apa yang belum rumah sakit lengkapi, sehingga semua tim pokja RSD Mangusada dapat berbenah diri.

Bimbingan Standar Nasional Akreditasi Edisi 1 ini menghadirkan 5 (lima) orang Narasumber dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit, diantaranya (1) d. Elsje Setyawati, Sp.PK,M.Kes yang mendalami bidangAkses ke Rumah Sakit dan Kontinuitas Pelayanan (ARK), Assesmen Pasien (AP), Pelayanan Asuhan Pasien (PAP), Pelayanan Anestesi dan Bedah (PAB). (2) dr. Cr. R. Sulistyono, M.Sc yang mendalami bidang Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP), Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), Tata Kelola Rumah Sakit (TKRS), Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MPK). (3) dr. Ismojo Djati, M.Sc yang membidangi Sasaran Keselamatan Pasien (SKP), Hak Pasien dan Keluarga (HPK), Pelayanan Kefarmasian dan Penggunaan Obat (PKPO), Kompetensi dan Kewenangan Staf (KKS). (4) Siti Rochmani, S.Kp, M.Kes yang membidangi Manajemen Komunikasi dan Edukasi (MKE), Manajemen Informasi dan Rekam Medik (MIRM), Program Nasional. (5) dr. Anak Agung Ayu Mas Ranidewi, Sp.THT., M.Kes yang membidangi Integritas Pendidikan Kesehatan dan Pelayanan RS.

Acara yang diikuti oleh Seluruh Tim Pokja Akreditasi RSD Mangusada ini berlangsung selama 10 hari.

(ar/gm/aw)