RSD Mangusada buka Layanan Dokter Spesialis Penyakit Dalam pada Festival Budaya Pertanian 2019

Kamis, 04 Juli 2019 Festival Budaya Pertanian ke-8 Tahun 2019 dibuka secara langsung dengan membunyikan Lesung oleh Bupati Badung Nyoman Giri Prasta didampingi Wakil Bupati I Ketut Suiasa, Ketua DPRD Badung I Putu Parwata, Penglingsir Puri Ageng Mengwi A.A Gde Agung dan Plt Kadis Pertanian dan Pangan Badung I Ketut Sudarsana. Turut hadir pada kesempatan tersebut anggota DPRD Badung, Sekda Badung Adi Arnawa dan Pimpinan organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung.

Festival Budaya Pertanian ke-8 Tahun 2019 ini mengakat tema “Amerih Guna Phalaning Bumi” yang berarti mari menggunakan produk pertanian lokal. Dalam sambutannya, Bupati Giri Prasta menegaskan kepada masyarakat Kabupaten Badung agar menggunakan produk-produk lokal yang ada di Kabupaten Badung, selanjutnya mengeksport produk-produk tersebut agar produk lokal Badung dikenal di Manca Negara. “Pembangunan Giri Park Land akan menjadi home based desa wisata. Ditambah dengan adanya kereta gantung, agrowisata, ekowisata, health wisata dan culture wisata, semoga menjadikan Badung Utara sebagai Bogornya Badung. Hal ini tidak lain bertujuan agar petani di Badung memiliki rasa bangga terhadap hasil taninnya” tegas beliau.

Hal menarik pada Festival Budaya Pertanian ke-8 tahun 2019 yaitu pembagian Tas Belanja Gratis oleh Dinas LHK kepada seluruh undangan, peserta dan pengunjung festival yang bertujuan untuk mengurangi pemakaian kantong plastik ketika berbelanja.

Pada Festival Budaya Pertanian tahun ini RSD Mangusada bersama dengan Dinas Kesehatan membuka layanan Cek Kesehatan Gratis yang terdiri dari cek gula darah, cek kolesterol, cek asam urat, konsultasi kesehatan dengan dokter Spesialis Penyakit Dalam RSD Mangusada. Selain itu juga ditampilkan program layanan Kartu Badung Sehat (KBS), layanan-layanan di RSD Mangusada serta menampilkan Pohon Kehidupan yang menceritakan kegiatan-kegiatan Dinas Kesehatan Badung serta kegiatan RSD Mangusada baik pelayanan maupun kegiatan manajemen dan penunjang non medis lainnya.

Acara Festival yang mengambil lokasi di areal jembatan Tukad Bangkung, Desa Plaga, Kec. Petang ini akan berlangsung selama 4 hari yaitu dari tanggal 4-7 Juli 2019. Usai acara pembukaan dilanjutkan dengan pawai dari SMKN 1 Petang dan masing-masing Kecamatan di Badung. (ar/ab/aw)