Survei Akreditasi Rumah Sakit Versi 2012 di RSUD Kabupaten Badung Mangusada

Dalam upaya peningkatan mutu pelayanan, Rumah Sakit wajib dilakukan akreditasi secara berkala 3 (tiga) tahun sekali. Untuk pelaksanaan Survei Akreditasi, RSUD Kabupaten Badung Mangusada sebelumnya sudah dilaksanakan Survei Akreditasi pada tahun 2013 dengan hasil RSUD Kabupaten Badung Mangusada telah lulus Akreditasi Versi 2012 di tingkat Paripurna.

Tahun 2016 Survei Akreditasi kembali dilaksanakan pada tanggal 06 - 08 Desember 2016 setelah sebelumnya dilakukan Survei Simulasi Akreditasi pada bulan Agustus 2016. Survei Akreditasi oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dengan Tim yang diketuai oleh Bapak dr. Widayanto, M.Kessekaligus sebagai Surveior Manajemen dan anggota Bapak dr. Raden Gunawan Effendi, Sp. M,MM, MARS sebagai Surveior Medis, dan Ibu Juva Manurung, SKp.MKM sebagai Surveior Keperawatan diterima oleh Direktur RSUD Kabupaten Badung Mangusada dr. Agus Bintang Suryadhi, M.Kes di Ruang Pertemuan Kriya Usada RSUD Kabupaten Badung Mangusada.

Akreditasi rumah sakit merupakan suatu proses dimana suatu lembaga yang independen melakukan asesmen terhadap rumah sakit. Tujuannya untuk menentukan apakah rumah sakit tersebut memenuhi standar yang dirancang untuk memperbaiki keselamatan dan mutu pelayanan. Standar akreditasi sifatnya berupa suatu persyaratan yang optimal meningkatkan keselamatan dan kualitas asuhan pasien, memastikan bahwa lingkungan pelayanannya aman dan rumah sakit senantiasa berupaya mengurangi resiko bagi para pasien, pengunjung dan pegawai rumah sakit. Dengan demikian akreditasi diperlukan sebagai cara efektif untuk mengevaluasi mutu pelayanan dan manajemen rumah sakit.

Kegiatan pelaksanaan survei selama 3  (tiga) hari meliputi : Acara pembukaan (Sambutan Direktur dan Penjelasan Survei oleh Ketua Tim Survei), Presentasi Direktur tentang Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien dan Program MDGs, Telaah Dokumen, Telaah Rekam Medis Tertutup, Telusur Lapangan dan Periksa Fasilitas, Telusur KPS, Presentasi Direktur (FMEA Pedoman Praktik Klinis/Clinical Pathways, Risk Manajemen dan Insiden Keselamatan Pasien), Wawancara Pimpinan dan terakhir Exit Conference.

Bertempat di Ruang Pertemuan Kriya Usada, kegiatan survei akreditasi di tutup dengan exit conference dan kesan pesan yang disampaikan oleh Para Surveior serta penutupan. Apresiasiyang diperoleh selama kegiatan survei “RSUD Badung Luar Biasa! Ruang Bersih dan Tertata Rapi serta Lingkungan yang Nyaman. Direktur dan Jajaran sangat antusias dalam melengkapi kebutuhan dari standar dan elemen akreditasi termasuk pemenuhan kelengkapan fasilitas Rumah Sakit. Rumah Sakit mempunyai SDM yang handal, energik dan cakap serta bersemangat untuk meningkatkan skill dan kemampuan. Keterlibatan dokter cukup tinggi”.Apresiasi tersebut diberikan oleh Tim Surveior pada saat presentasi hasil telusur lapangan di RSUD Kabupaten Badung Mangusada 

Direktur RSUD Kabupaten Badung Mangusada dr. Agus Bintang Suryadhi, M.Kes dalam sambutannya mengatakansemua masukan yang diberikan oleh Tim Surveior akan segera ditindaklanjuti untuk peningkatan mutu pelayanan dan manajemen di RSUD Kabupaten Badung Mangusada. Sehingga RSUD Kabupaten Badung Mangusada dapat kembalilulus Akreditasi Versi 2012 di tingkat Paripurna. (ar/ds/ep)